Nonton Australian Open Yuk — The Tennis Grand Slam of Asia Pacific


Saat itu sudah hampir sebulan saya tiba di Aussie dan sudah beberapa tempat di Melbourne yang saya kunjungi. Tapi yang paling saya tunggu-tunggu saat itu adalah kesempatan menonton “Australian Open”. Australian Open adalah perhelatan tenis akbar se-Asia Pasifik atau Grand Slam yang diadakan di awal tahun di kota Melbourne (ada 4 turnamen Grand Slam selama setahun yang diadakan di berbagai belahan dunia). Tahun ini Australian Open berlangsung dari tanggal 14-27 Januari 2013. Bagi mahasiswa yang baru saja tiba di Melbourne atau bahkan jika Anda tidak tinggal di Melbourne tapi menyukai tenis, saya sarankan untuk menandai kalender Anda untuk mengunjunginya. Kapan lagi bisa menonton Grand Slam jika tidak saat kuliah di Aussie.

Saya menonton Australian Open selama dua tahun (2010 &2011), mumpung saya tinggal di Melbourne waktu itu. Tahun pertama saya hanya menonton dengan tiket yang paling murah, yaitu tiket Ground Pass. Anda cukup membayar $25 (waktu itu) dan bisa menyaksikan pertandingan tenis di semua lapangan selain main court. Tentu saja yang bermain di lapangan tersebut adalah pemain tenis di luar 10 besar. Terkadang Anda beruntung bisa melihat pemain 10 besar yang bermain di lapangan-lapangan kecil ini seperti misalnya David Ferrer (sekarang sudah menjadi peringkat 5), atau orang-orang yang dulunya masuk 10 besar tapi sudah menurun peringkatnya karena faktor usia atau cedera seperti Nikolai Davydenko yang pernah menjadi ranking 3 di tahun 2006. Untuk Anda yang hanya ingin mencari pengalaman melihat tenis, tiket ini adalah penawaran yang bagus.

Semua tiket Australian Open dapat dibeli melalui ticketek, beli langsung di tempat atau di toko buku yang biasa menjual tiket. Karena tiket Ground Pass tidak menyediakan nomor tempat duduk maka jumlah tiket yang dijual cukup banyak. Namun konsekuensinya tidak semua orang bisa ditampung di tempat duduk yang disediakan di lapangan, terutama di akhir pekan yang pengunjungnya banyak. Dulu saya diajarkan oleh pemegang tiket Ground Pass lain, rajin-rajinlah berkunjung ke website Australian Open untuk mengetahui siapa yang bermain di lapangan mana pada hari anda akan menonton. Jadi anda bisa bersiap-siap sekitar setengah-sejam sebelumnya untuk duduk manis di tempat  yang strategis atau ngecup istilah jawanya. Tapi Anda harus bersiap bekal makanan, minuman dan juga topi atau payung untuk melindungi dari hujan atau panas. Jangan sampai seperti saya yang terkena sunburn setelah seharian menonton Australian Open karena tidak menyangka sinar mataharinya bisa sepanas itu walaupun ‘hanya’ 28-29 derajat.

Menonton Davydenko dengan tiket Ground Pass

Menonton Davydenko dengan tiket Ground Pass

Pada tahun kedua, saya bela-belain menonton final tunggal putra Australian Open yang harganya cukup membuat mata melotot, tapi untuk suami yang memang hobi bermain tenis, harga yang dibayar untuk menonton final memang pantas dikeluarkan.  Pada waktu itu tiket final tunggal putra harganya berkisar $350. Angka yang cukup fantastis bagi mahasiswa yang beasiswanya pas-pasan seperti saya. Saya menonton bersama suami jadi bayangkan berapa yang harus saya bayar. Namun suami saya sudah bertekad untuk bekerja kesana kemari supaya bisa membeli tiket final. Dan pengalaman menonton secara langsung cukup membuat kami terkesan. Tidak hanya merasakan ketegangan antar pemain dalam memenangi pertandingan, tapi yang paling terasa adalah riuh sorak penonton yang mendukung jagoan mereka. Lontaran mereka yang lucu-lucu membuat para penonton serasa seperti big family yang sedang menyaksikan tontonan di ruang tengah rumah mereka. Penonton yang duduk di sebelah Anda, tiba-tiba menjadi orang yang bisa jadi kawan untuk mencemooh lawan atau sekedar mengomentari jalannya pertandingan. Dengan pengalaman yang cukup kaya seperti ini, saya rasa bagi Anda yang memang penggemar tenis dan mempunyai cukup rejeki tidak ada salahnya memanjakan diri untuk menonton final. Tapi ingat, membeli tiket final harus beberapa bulan sebelumnya. Tiket final Grand Slam selalu saja habis 1-2 bulan sebelum acara dimulai. Heran? Saya pun demikian awalnya, ternyata walaupun tenis bukan sebuah pop culture di Aussie seperti footy, banyak para tennis freak seperti suami saya yang sudah menunggu-nunggu turnamen Grand Slam.

Dengan tiket $350 anda mendapatkan tempat duduk di tengah, cukup dekat dengan pemain

Dengan tiket $350 anda mendapatkan tempat duduk di tengah, cukup dekat dengan pemain

Suasana final Australian Open 2011, Novak Djokovic vs. Andy Murray

Suasana final Australian Open 2011, Novak Djokovic vs. Andy Murray

Djokovic sedang beraksi di final & akhirnya memenangkan title Grand Slam ke-2 untuk dia

Djokovic sedang beraksi di final & akhirnya memenangkan title Grand Slam ke-2 untuk dia

Selain dua alternatif diatas untuk menonton Australian Open, anda bisa merogoh kocek sedikit lebih banyak, sekitar $60-65 untuk menonton pertandingan di Hisense Arena. Di lapangan ini anda dapat menonton pertandingan dari pemain 10 besar (di luar pemain 3 besar) sebelum masuk ke babak perempat final.

Oia, selain menonton pertandingan tenis Anda juga akan dihibur di luar lapangan oleh stand-stand sponsor yang membagikan barang-barang gratisan. Ada yang memberikan air mineral, kipas angin kecil atau topi untuk melindungi dari panasnya matahari Melbourne. Ada juga yang menawarkan spa dan face painting. Dengan beragam hiburan di luar lapangan ini, anak-anak pun bisa menikmati Australian Open. Suguhan menarik yang baru diadakan selama 2 tahun ini di Australian Open adalah adanya kids day dimana anak-anak dapat menonton pemain tenis papan atas ‘bertanding’ untuk menghibur dan memotivasi anak-anak untuk menjadi pemain tenis profesional.

Ada lagi sebenarnya alternatif lain menikmati menonton Australian Open. Anda bisa datang ke Federation Square di pusat kota Melbourne untuk nobar (nonton bareng) final Australian Open. Saya juga melakukannya sewaktu menonton final tunggal putri dan lumayan ramai. Meskipun Anda bukan penggemar tenis, tidak ada salahnya mencari pengalaman menonton perhelatan olahraga akbar seperti Australian Open dan silahkan memilih cara untuk menikmati Grand Slam. Selamat menonton!